January 28, 2013

Sejarah Ngomong "Halo" Tiap Ngangkat Telepon



Pernah ada yang penasaran gak, kenapa sih tiap kali ngangkat telepon kita selalu bilang “halo”? kenapa coba kita gak bilang “kwuk” aja pas ngangkat telepon? Kan lebih keren.
Telisik punya telisik, jadi awalnya kata “halo” ini emang udah jadi kata sapaan dalam bahasa inggris. Jadi sebelum ada telepon pun, orang-orang udah biasa pake kata “halo” buat nyapa. Kalo di Indonesia, paling asik tuh nyapa cewek-cewek yang lewat “neng, neng, mau ke mana neng”. Tapi untung ya, “neng” ini gak jadi sapaan pertama pas ngangkat telepon.
Setelah NYUNYU main-main ke masa lalu, ternyata penggunaan kata “halo” ini udah ada dari zaman Alexander graham Bell. Nah awalnya, ternyata bukan kata “halo” loh yang jadi sapaan telepon. Justru kata “ahoy” yang katanya jadi sapaan awal pas ngangkat telepon. Wah wah wah, aneh juga ya kalo tiap ngangkat telepon kita langsung bilang “ahoy”. Deket-deket ke kata “bohay”. #eh
Kata “ahoy” ini akhirnya diganti, waktu itu Thomas Alpha Edison pas tahun 1877 yang nyaranin biar kata “halo” jadi sapaan umum ketika kita ngangkat telepon. Alasannya ada karena kata “halo” ini mudah diucapkan dan bisa dimengerti banyak orang.
Selain Thomas Alpha Edison sama Alexander Graham Bell, ada lagi nih tokoh yang punya peran jadi orang pertama yang bilang “halo” pas ngangkat telepon. Namanya Tivadar Puskas. Nah, kalo Pak Tivadar Puskas ini ceritanya dia lagi lakuin percobaan telepon jarak jauh gitu, nah pas dia denger suara di telepon dia langsung bilang “hallom”.
Sama kayak cerita si “ahoy”, sebelum jadi “halo” kata “hallom” adalah kata awal sebelum berubah jadi kata “halo”. Nah dari awalnya “hallom” makin sini ke sini, kata itu berubah jadi kata “halo”. Waduh, ternyata kata “halo” itu sebernernya gak murni ya.
Kita harus bersyukur tuh guys, untung aja kata “ahoy” gak jadi kata sapaan nelepon. Kalo iya bisa-bisa pas kita bilang “ahoooy!” yang denger malah kebingungan “hah? Asoy? Geboy?” jadinya malah dikira dangdutan ntar.
Dan untung juga kata “hallom” gak jadi kata sapaan telpon. Coba kalo “hallom” jadi kata sapaan telepon, ntar pas nelpon “hallom, ini saya NYUNYU..” yang denger malah jadi bingung, “hah? Helm? Maaf maaf ini bukan tempat nitip helm”
Nah gimana, asik kan jalan-jalan ke masa lalu nyari tahu asal kata “halo” bareng NYUNYU? Kwuk!

2 comments

Kalau aku mau bilang asoy aja dah biar seru hihi,,,, asoy, apa kabar hiiii

Rules komentar
-Gunakanlah kata yang efektif !
-Anda Sopan Kami Segan !
-Dilarang Spam,Flood, sara !
-Dilarang menggunakan Link aktif/Hidup !
-Mohon Maaf jika komentar anda tidak dibalas oleh admin !

BLOG DOFOLLOW
EmoticonEmoticon