--> Teknik start dalam Drag Bike | 201M | UNYU BERBAGI

Berbagi Cerita dari Berbagai Coretan

March 01, 2013

Teknik start dalam Drag Bike | 201M

| March 01, 2013

 Teknik start dalam Drag Bike 
Salah klo drag cuma andil besar pada setting mesin, joki juga berpengaruh besar..!!

Kenapa? karena saat start, joki drag yg baik menjaga motor agar tidak terangkat dan meminimalisir trjadinya spin pada roda belakang, karena keduanya dapat mengurangi catatan waktu. Lalu timing mengoper gigi pun harus baik bila terlalu cepat akan membuat mesin menjadi turun jauh RPM nya, dan menjadi lama untuk mengumpan tenaga,bila terlambat akan membuat mesin overstress tenaga jd drop.

Bila cuma mengandalkan feeling sebenernya susah juga seh, karena feeling rentan berubah dan setting motor balap pun sering berubah, timing oper gigi pun bisa berubah juga.
Sebaiknya mengoper gigi yg paling sempurna dengan menggunakan bantuan shift light, bila lampu menyala hendaknya kita mengoper gigi bukan bola ya,hehehe..
Bisa juga dengan takometer, bila jarum sudah ada di area merah, hendaknya siap2 untuk mengoper gigi, timingnya dikira2 aja, perlu byk latihan biar lebih akurat cari trus mana yg lebih baik operannya.

Klo untuk start , pada posisi gigi 1 tahan kopling, posisi duduk di ujung jok, berat badan ada di depan untuk menahan setang agar roda depan tidak terangkat, tp jgn berlebih agar roda belakang juga medapat beban untuk mendapat traksi biar tidak spin terlalu banyak.
Untuk bukaan gas, jangan terlalu besar atau kecil. Buka agak besar bila motor trlalu liar turunkan sedikit, latihan terus sampe ketemu rpm untuk start yg pas buat anda..
tp ingat, start harus melaju cepat tp tidak standing dan roda belakang jgn trlalu byk spin karena waktu sekecil apapun pada balapan sangat berharga makanya rajin latihan usahakan lebih cepat trus, perdalam dulu ilmu start, selebihnya seh gampang.

Bila sudah melaju, gas poll...usahakan posisi menunduk, kaki dan tngan harus merapat. Pokoknya usahakan agar tubuh anda tidak menghambat angin.

Untuk referansi, coba cek :
KLIK DISINI
dari referensi diatas coba liat start siapa yg paling baik, maka pelajarilah..!!
klo untuk setting motor. carilah yg berpengalaman dan teruji di lintas balap..!!
Jangan lupa, pakailah pengaman seperti sutra , fiesta atau durex, lho??

materi referensi:

Pengalaman ikut balap, saat kemerdekaan 17 agustus..!! (balap karung) hehehee.



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Rules komentar
-Gunakanlah kata yang efektif !
-Anda Sopan Kami Segan !
-Dilarang Spam,Flood, sara !
-Dilarang menggunakan Link aktif/Hidup !
-Mohon Maaf jika komentar anda tidak dibalas oleh admin !

BLOG DOFOLLOW